web site hit counter
Home / Natuna News / Kedubes Jepang Berencana Bangun Destinasi Wisata di Kabupaten Natuna

Kedubes Jepang Berencana Bangun Destinasi Wisata di Kabupaten Natuna

Bupati Natuna yang diwakili Sekretaris Daerah, Wan Siswandi didampingi beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait, para penggiat dan pelaku usaha ekonomi sektor pariwisata menerima dan mengadakan rapat dengan tim Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, kamis (11/4) siang.

Dalam sambutan pembukanya, Wan Siswandi menerangkan bahwa saat ini Kabupaten Natuna sedang melalui proses percepatan pembangunan melalui lima pilar yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia sebagai upaya membangun pertahanan ekonomi wilayah perbatasan.

Adapun salah satu yang dititik beratkan adalah pada sektor pariwisata mengingat potensi destinasi wisata di Kabupaten Natuna dirasa memiliki nilai potensial untuk dikembangkan, namun diakui membutuhkan program sinergi yang berkelanjutan mengingat kemampuan daerah sangat terbatas.

Adapun upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan hal tersebut adalah memperjuangkan status Natuna sebagai Taman Geopark Nasional yang sudah diraih dan sedang ditingkatkan untuk meraih status Global Geopark Network Unesco yang dirasa mampu meningkatkan potensi pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan daerah sekaligus menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, Wan Siswandi juga menerangkan bahwa saat ini juga dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Serasan yang dirasa dapat berdampak pula pada kemudahan kunjungan pariwisata di Natuna, terutama sebagai pintu masuk bagi warga negara malaysia yang berada di Malaysia Timur, Sarawak, dan Brunai Darussalam.

Walaupun masih dalam tahap pembenahan fasilitas dan infrastruktur pendukung, Wan Siswandi sangat berharap agar rencana pihak Kedutaan Jepang untuk bekerjasama dibidang pariwisata dapat terealisasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pendapatan asli daerah.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan tim dari Kedubes Jepang untuk Indonesia,  Takashi Sawada menjelaskan bahwa tujuan kedatangan kali ini merupakan langkah awal mewujudkan rencana Negara Jepang untuk membangun destinasi wisata di Kabupaten Natuna.

Takashi mengaku bahwa telah menyelenggarakan rapat internal dimana salah satu poin penting adalah rencana membangun sejumlah destinasi wisata. Untuk itu, melalui kunjungan kali ini pihaknya akan melakukan pemantauan kondisi berbagai fasilitas pendukung yang akan sangat berpengaruh bagi menciptakan kenyamanan maupun keamanan dan keselamatan bagi para calon wisatawan.

Takashi mengakui bahwa saat ini pihaknya memiliki hubungan kerja dengan beberapa travel agency dibidang wisata bawah laut, dengan kondisi terumbu karang yang masih alami dirinya meyakini bahwa spot penyelaman yang ada di Kabupaten Natuna akan  memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan tersebut.

Selama di Kabupaten Natuna, Tim Kedubes direncanakan akan mengunjungi beberapa lokasi spot penyelaman, mengambil dokumentasi yang nantinya akan disusun menjadi rencana kerja pembangunan destinasi wisata. (Humas_Pro/Zq)

doc.humpro (#pcs)

RILIS PERS, Nomor : 854 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pengawasan Keamanan dan Mutu Pangan Segar, Mutlak diperhatikan Masyarakat

Keamanan pangan merupakan salah satu isu sentral yang berkembang di masyarakat, baik ...