Home / Natuna News / Bupati Natuna Kembali Serahkan Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap T.A. 2023

Bupati Natuna Kembali Serahkan Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap T.A. 2023

(wartaKominfo) – Rabu, 13 Desember 2023, Bupati Natuna bersama Kepala BPN kembali menyerahkan Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun angggaran 2023 bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Bunguran Barat.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Setelah sebelumnya Bupati Natuna membagikan sertifikat ini kepada masyarakat di Kelurahan Bandarsyah, Baru Hitam dan Masyarakat Kecamatan Bunguran Tengah. Untuk Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat sertifikat yang dibagikan sejumlah 142 Sertifikat.

Kepala BPN Natuna, Sugianto Tampubolon dalam sambutannya menyampaikan negara hadir untuk memberikan legalitas atas kepemilikan tanah melalui sertifikat ini. Dan pada kesempatan ini juga Sugianto menghimbau untuk memberitahukan kepada tetangga yang belum mensertifikatkan tanahnya agar didaftarkan kemudian untuk menjaga sertifikat ini jangan sampai hilang dan difotocopy supaya kedepannya jika terjadi sesuatu bisa diurus kembali di kantor BPN Natuna.

“Dukungan fasilitas dari pemerintah daerah kepada kantor pertanahan tentunya sangat membantu kami dalam melaksanakan survei lapangan,” ungkap Sugianto.

Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya mengungkapkan penyerahan ini untuk menjadi hak masyarakat dan banyak tahap yang telah dilalui dengan dukungan pihak kecamatan, desa, unsur TNI/Polri tentunya.

“Nantinya pada program PTLS ini masyarakat hadir dilokasi pas pengukuran guna memudahkan prosesnya,” himbau Bupati kepada penerima sertifikat

Total keseluruhan ada 978 sertipikat ptls untuk kabupaten Natuna tahun anggaran 2023.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Wakil Bupati Rodhial Hadiri Haflah Sekaligus Wisuda Tahfiz SMP IT NIQ T.A. 2023/2024. 

(WartaKominfo) – Wakil Bupati, Rodhial Huda menghadiri Haflah sekaligus wisuda tahfiz SMP ...