Home / Natuna News / Bupati Natuna Launching 3 Inovasi Proyek Perubahan Pimpinan OPD

Bupati Natuna Launching 3 Inovasi Proyek Perubahan Pimpinan OPD

(wartaKominfo) – Bupati Natuna Wan Siswandi melaunching tiga inovasi yang merupakan proyek perubahan peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan lll, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jum’at, 09/06/2023.

Tiga inovasi proyek perubahan yang diluncurkan, yakni SiaapBenuu(Sistem Aplikasi Pelaporan Penyaluran BBM Nelayan Natuna), eKEJAP (Aplikasi Evaluasi Rencana Kerja Pembangunan Daerah Berbasis Web), Aplikasi Sirap (Sistem Informasi Rekomendasi Administrasi Publik).

SiaapBenuu (Sistem Aplikasi Pelaporan Penyaluran BBM Nelayan Natuna)

Di sampaikan oleh Wan Syazali Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna

Merupakan Aplikasi berfungsi pelaporan mengenai jumlah data tentang penyaluran bahan bakar minyak untuk nelayan di Kabupaten Natuna, di mana sebagai monitor, sebagai bahan pimpinan agar penyaluran BBM tepat sasaran.

eKEJAP (Aplikasi Evaluasi Rencana Kerja Pembangunan Daerah Berbasis Web)

Disampaikan oleh Catur Budioyono Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Natuna.

“Adalah Suatu Sistem berbasis website yang di gunakan untuk melakukan evaluasi rencana kerja (Renja) perangkat daerah setiap triwulan dan evaluasi rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD)”.

Manfaatnya di antaranya membuat pembuatan laporan menjadi tepat waktu, dan meningkatkan kinerja perangkat daerah.

Aplikasi Sirap (Sistem Informasi Rekomendasi Administrasi Publik)

Di sampaikan oleh Wan Asrul Ardiansyah Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna

SIRAP adalah Sistem berbasis web yg dikembangkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, untuk memudahkan masyarakat dlm mendapatkan pelayanan administrasi berupa fasilitasi & surat rekomendasi kesehatan, sehingga pelayanan lebih efektif dan efisien.

Jenis Pelayanan Rekomendasi kesehatan yg dilakukan Dinas kesehatan meliputi :
1. Fasilitasi penerbitan Surat Rekomendasi pembuatan & peralihan peserta BPJS APBD;
2. Verifikasi syarat kelengkapan berobat untuk mendapatkan bantuan berobat;
3. Fasilitasi verifikasi surat Rekomendasi Izin Praktek Tenaga Kesehatan;
4. Fasilitasi dan verifikasi Sertifikat Produksi Pangan-Industri Rumah Tangga Pangan (SPP-IRTP);
5. Surat Rekomendasi Penerbitan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS) pada Tempat Pengolahan Pangan (TPP).

Dalam sambutannya, Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas inovasi yang dilakukan oleh para peserta Diklat PIM lll pada acara tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih atas inovasi yang dilakukan oleh para Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, ini adalah salah satu inovasi perubahan dalam pelayan dan juga kinerja kita sebagai perangkat daerah”. Ujarnya

Bupati Natuna juga menyampaikan manfaatnya sudah jelas terlihat dari ketiga proyek perubahan. Launcing ini diharapkan tidak hanya sebatas kepentingan reformer saja tetapi seluruh instansi terkait dapat menjadikan tanggungjawab untuk kepentingan masyarakat.

“Harapan kita inovasi-inovasi proyek perubahan yang dicanangkan oleh peserta Diklat ini bisa menjadi solusi persoalan-persoalan yang menjadi kendala hari seperti data realisasi penyaluran BBM kepada nelayan, sistem evaluasi pembangunan berbasis web, dan juga informasi administrasi di bidang kesehatan”. Ucapnya

Diakhir sambutannya Bupati Natuna berharap agar inovasi ini dimaksimalkan dengan baik sebagai acuan Pemerintah Natuna dalam mengambil kebijakan serta dapat tersosialisasi dan diketahui oleh masyarakat.

“Saya sangat berharap sekali tolong inovasi-inovasi di maksimalkan dengan baik, agar menjadi acuan kita sebagai perangkat daerah untuk mengambil kebijakan pembangunan dan serta dapat di sosialisasikan kepada masyarakat kita”. Tutup

Diskominfo/Sadria

x

Check Also

Isi Kuliah Subuh, Wakil Bupati Natuna Tekankan Pentingnya Shalat

(wartaKominfo) – Salah satu pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Natuna saat ...