Home / Natuna News / Dinas Pemadam Kebakaran Rangkul Semua Elemen Melalui Pembentukan FPRB

Dinas Pemadam Kebakaran Rangkul Semua Elemen Melalui Pembentukan FPRB

(WartaKominfo) – Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) sebagai bagian dari upaya meminimalisir risiko bencana.

“Kami berharap dengan terbentuknya Forum ini, menjadi wadah koordinasi oleh semua elemen yang peduli terhadap pengurangan risiko bencana di Kabupaten Natuna. Untuk itu, kami minta bantuan kepada pihak terkait misalnya Polres untuk pengamanan akses jalan ketika ada bencana.”, kata Kadis Damkar, Syawal Saleh.

Menurutnya, program kerja masing-masing elemen dapat mengupayakan indikasi serta mengurangi risiko bencana saat terjadi tentunya dengan terus bersinergi untuk melakukan penanganan yang lebih efektif.

Dalam kesempatan itu, WakaPolres Natuna, Kompol Renan juga menegaskan peran pihaknya dalam penanggulangan risiko bencana.

“Disini kami bertugas mengadakan beberapa kegiatan seperti pengaturan lalu lintas, buka tutup atau pengalihan arus. Disini kami bersama Dinas Perhubungan akan melakukan upaya tersebut  seandainya terjadi bencana seperti banjir.”, pungkas nya.

Renan juga menghimbau agar seluruh elemen masyarakat mematuhi saat pihaknya sedang melakukan pengamanan dalam menyikapi bencana .

Kepala BMKG Ranai, Tri Widiarto memaparkan mengenai bulan-bulan yang berpotensi terjadi bencana di wilayah Kabupaten Natuna.

“Menurut hasil pendataan BMKG Ranai dari tahun 1997 s/d 2017 , data curah hujan yaitu melanda pada bulan Mei, Juni, Oktober, November, dan Desember. Sedangkan pada bulan Februari, Maret, dan April diwaspadai terjadinya kebakaran lahan karena curah hujannya cendrung sedikit. Puncak tertinggi curah hujan di Wilayah Natuna yaitu pada bulan November dan Desember.” jelas Tri.

Pembentukan forum ini akan menjadi wadah koordinasi, komunikasi dan pembelajaran berbagai pihak yang berwewenang dalam penanggulangan bencana.

Berdasarkan musyawarah dan sumbang saran dari peserta yang hadir pada kegiatan tersebut,  diputuskan bahwa pemilihan Ketua Forum, Wakil, Sekretaris dan anggota lainnya ditunda dengan beberapa pertimbangan, dan akan diberikan kabar rapat pembentukan selanjutnya.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Lestarikan Bumi, Sejahterakan Masyarakat

(WartaKominfo) – “Intinya, buminya lestari, masyarakatnya sejahtera, dan ada didalamnya kegiatan ekonomi masyarakat”. ...