Home / Natuna News / Kementerian Luar Negeri Akan Bangun Geopark Di Natuna

Kementerian Luar Negeri Akan Bangun Geopark Di Natuna

(WartaKominfo) – Salah satu sektor yang sedang digalakkan oleh Pemerintah adalah sektor Pariwisata Daerah Kabupaten Natuna. Kementerian Luar (Kemenlu) Republlik Indonesia sudah sejak lama melirik Natuna sebagai sasaran pembangunan Geopark lewat kajian sumberdaya dan habitat yang telah dilakukan bersama Universitas Jerman,  ITS dan Umrah.

“Di Natuna,  sejak 2 tahun yang lalu kita sudah bekerja sama dengan Universitas Jerman,  ITS,  dan Umrah. Kita sudah melakukan kajian terhadap sumberdaya dan habitat untuk mendirikan Geopark di Natuna.”, tutur Kepala Badan Pengkajian Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia,  Siswo Pramono.

“Geopark itu teknisnya di ESDM,  tapi realisasinya di Kemenlu dan yang menjadi objeknya nanti adaklah laut dan batu.” , tambah Siswo Pramono yang juga sebagai Ketua Rombongam dalam acara pertemuan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. Selasa,  (03/07/2018) di Aula Kantor Bupati Natuna.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rudy Suhendar menyatakan ikut berpartisipasi dalam mengembangkan potensi -potensi pariwisata yang ada di Natuna.

“Kami dari Geologi ikut berpartisipasi, dalam proses Geopark,  harus ada sinergisitas dengan masyarakat setempat karena ini merupakan peningkatan perekonomian yang berdampak pada ketahanan dan keamanan daerah.”, jelas Rudy.

Wakil Bupati Natuna,  Ngesti Yuni Suprapti mengharapkan keseriusan dari pihak Kemenlu dalam rencana pembangunan Geopark di Natuna.

“Dengan rencana dari Kemenlu membangun Geopark di Natuna,  kami berharap keseriusan. Jangan setengah-setengah dan selalu berjalan dalam kebersamaan antara Pemerintah pusat dengan Pemerintah Daerah.”, kata Ngesti.

Ngesti juga mengemukakan salah satu kendala untuk menarik wisatawan berkunjung ke Natuna adalah masalah biaya transportasi atau tiket pesawat ke Natuna yang sangat mahal. jelas Ngesti.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Lestarikan Bumi, Sejahterakan Masyarakat

(WartaKominfo) – “Intinya, buminya lestari, masyarakatnya sejahtera, dan ada didalamnya kegiatan ekonomi masyarakat”. ...