web site hit counter
Home / Natuna News / Mendikbud Luncurkan Program Digitalisasi Sekolah di Natuna

Mendikbud Luncurkan Program Digitalisasi Sekolah di Natuna

Tgl Rilis: Sabtu, 21 September 2019 | 05:57

Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Efendi, diantaranya meresmikan peluncuran Program Digitalisasi Sekolah yang digelar di Gedung Serbaguna Sri Serindit, Ranai, rabu (18/9) siang.

Turut hadir selain rombongan dari Kemendikbud RI, Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Anggota DPRD, Anggota FKPD, pimpinan OPD, pimpinan perbankan, para kepala sekolah dan guru, pengawas pendidikan serta siswa-siswi sekolah sekitar Kota Ranai, baik dari tingkat SD, SLTP dan SLTA sederajat.

Dalam sambutannya, Muhadjir menerangkan bahwa kunjugan maupun program kerja ini merupakan implementasi dari arahan Presiden RI kepada seluruh Kementerian Kabinet Kerja untuk memprioritaskan pembangunan pada wilayah kategori 3 T (Terluar, Terbelakang, Tertinggal).

Dari kategori 3T diatas, selanjutnya kemendikbud RI menjadikan latar belakang agar Kabupaten Natuna dapat ditetapkan menjadi salah satu daerah penerapan  program Sekolah Digital yang merupakan bentuk optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung pembangunan sector pendidikan

Muhadjir juga menjelaskan bahwa sejak disampaikan perintah lisan dari Presiden RI kepada dirinya, , Kemendikbud mulai melakukan langkah-langkah strategis seperti revitalisasi jaringan/portal yang dimiliki, untuk secara bertahap memungkinkan layanan TIK dapat dimanfaatkan sepenuhnya bagi memudahkan akses informasi untuk proses belajar mengajar disekolah.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal  menyampaikan apresiasi khususnya kepada Mendikbud  RI yang sudah meluangkan waktu untuk meninjau proses pembangunan bidang pendidikan di daerah Kabupaten Natuna.

Kunjungan yang pada hakekatnya merupakan peninjauan kondisi riil daerah, harapan Hamid Rizal dapat menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan mendukung upaya percepatan pembangunan bidang pendidikan di Natuna.

Selain itu, Hamid juga menerangkan bahwa saat ini di Natuna masih terdapat beberapa wilayah dengan akses dan fasilitas umum yang sangat minim, seperti Dusun Segeram Desa Sedanau Timur yang kebetulan masuk dalam jadwal rangkaian kunjungan Kemdikbud kali ini.

Sejauh ini, pemerintah daerah melalui program kerja pertahunnya terus melakukan pembenahan dengan selalu mengutamakan asas pemerataan baik di ibukota kecamatan bahkan sampai permukiman penduduk tingkat dusun dengan mempertimbangkan prioritas fasilitas dan infrastruktur yang ada.

Selain meluncurkan program Digitalisasi Sekolah dan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara simbolis, dalam kesempatan tersebut Mendikbud juga menyerahkan bantuan barupa 8 Unit Laptop dan 2 buah voucher kepada PKB, SKB dan TBM.

Mendikbud juga menyerahkan sarana TIK kepada 38 sekolah, Perangkat Komputer, Laptop, LCD, Hardisk Eksternal, dan menyerahkan tablet sebagai sarana penunjang pembelajaran kepada 1.142 siswa, terdiri dari 508 siswa SD, 303 Siswa SMP, 228 siswa SMA dan 103 siswa SMK. (Humas_Pro/Zq/#pcs)

RILIS PERS, Nomor : 955 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Gejolak Dibalik Munculnya Nama Pantai Piwang

(WartaKominfo) – Munculnya sebuah nama baru “Pantai Piwang” yang mengantikan nama Pantai ...