web site hit counter
Home / Natuna News / Orang Tua Perlu Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Orang Tua Perlu Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak

(WartaKominfo) – Camat Bunguran Timur, Wan Suhardi meminta agar orang tua lebih berperan mengawasi anak-anaknya saat bermain gadget.

Menurutnya, pengunaan ponsel cerdas sangat mudah digunakan oleh anak-anak dan kebanyakan orang tua merasa bangga karena anaknya tidak main diluar rumah, melainkan hanya diam dirumah dengan difasilitasi gadget ditangannya.

Terkadang kita melihat ada orang tua yang sengaja memberikan Handphone kepada anak-anak sebagai hiburan untuk anaknya. Bahkan kadang orang tua bangga anaknya tidak main diluar rumah karena sudah asik bermain gadget dikamarnya padahal ini memberikan dampak negatif kepada mereka sendiri “, ujarnya dalam acara Musrenbang di Kantor Kelurahan Ranai, Senin (21/01/2019).

Untuk itu, dirinya menghimbau agar orang tua lebih mewaspadai keberadaan perangkat elektronik ini pada anak. Sebab, di era globalisasi anak-anak pun bisa mengakses berbagai konten didunia maya melalui gadget mereka.

Disinilah peran penting orang tua diperlukan, jangan sampai HP yang kita berikan memberikan dampak negatif kepada anak-anak kita. Boleh anak kita menggunakan teknologi seperti smartphone, ini supaya dia tidak gaptek (gagap teknologi) tetapi harus diawasi, harus didampingi” , sebutnya.

Badannya boleh di kamar, tapi informasi yang dilihatnya melalui gadget tersebut diluar rumah, bahkan diluar dunianya” , lanjut Wan Suhardi.

Melirik tentang penggunaan gadget pada anak, ada 6 rekomendasi durasi penggunaan gadget pada anak berdasarkan infografis Dinas Kominfo Kabupaten Natuna yang bersumber dari American Academy of Pediatrics (AAP) :

  1. Usia 0-2 Tahun (No Gadget)
  2. Usia 3-5 Tahun (Maksimal 10 menit)
  3.  Usia 5-7 Tahun (Maksimal 20 menit)
  4.  Usia 7-9 Tahun (Maksimal 30 Menit)
  5.  Usia 9-12 Tahun (Maksimal 1 Jam)
  6.  Usia 12-15 (Maksimal 2 Jam)

Menurut Wan Suhardi, pada kenyataanya kini tidak sedikit anak-anak yang ketagihan memakai smartphone ini melebihi batas durasi yang telah direkomendasikan sesuai umurnya. Bahkan kini banyak anak-anak yang ketagihan untuk bermain game hingga berlarut-larut. Hal ini perlu menjadi perhatian serius berbagai pihak terlebih para orang tua.

Orang tua harus tegas mengatur waktu kapan anak boleh menggunakan gadget” , kata Wan Suhardi mengakhiri.

Secara terpisah, Kadis Kominfo, Raja Darmika yang dihubungi via Whatsapp membenarkan bahwa perlu adanya upaya pencegahan dini agar anak-anak tidak larut didunia internet. Upaya itu berupa pengetahuan penggunaan internet secara sehat dan aman.

Iya, kami Dinas Kominfo akan mengusulkan agar diadakan sosialisasi internet sehat dan aman ke sekolah-sekolah. Tekonologi Internet ini bagai pisau bermata dua, ada sisi positif dan sisi negatif, jika salah menggunakan maka akan melukai dan merusak. Oleh sebab itu harus digunakan secara bijak” , jelas Raja. (Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Tutup Natuna Expo 2019

(WartaKominfo) – Seiring dengan pengucapan lafas “Alhamdulillah”, Pegelaran Natuna Expo 2019 sempena ...