Home / Natuna News / Pencanangan Dan Launching Gerakan Desa Dalam Pembangunan Perpustakaan

Pencanangan Dan Launching Gerakan Desa Dalam Pembangunan Perpustakaan

(wartaKominfo) – Dalam meningkatkan tingkat literasi dan akselarasi peningkatan kualitas pendidikan di sumber daya manusia, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali membuat sebuah program pencanangan dan launching GARDA PUSAKA.

GARDA PUSAKA merupakan Gerakan Desa Dalam Pembangunan Perpustakaan adalah program inovasi yang akan dibuka langsung oleh Bupati Natuna dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum pada Selasa, 28 Februari 2024 bertempat di gedung perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna.

Erson Gema selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna dalam laporan panitia menyampaikan sudah ada 34 desa yang sudah mendaftar.

“Setengah dari total jumlah desa yang ada di Natuna sudah mendaftarkan diri, ini menunjukkan semangat, perkembangan dan pembangunan literasi mulai menggeliat di Kabupaten Natuna,” jelas Erson dalam laporannya.

Asisten III, Tasrif pada kesempatan ini menyampaikan tujuan dari gerakan ini salah satunya untuk meningkatkan pembangunan literasi masyarakat ditingkat Pemerintah terdepan dalam hal ini ialah desa.

“Perpustakaan Desa merupakan salah satu aspek yang menjadi indikator dalam penilaian tingkat kemajuan/tipologi desa,” terangnya

Selanjutnya Asisten Bidang Administrasi Umum juga menyampaikan hasil survey yang dilakukan oleh perpustakaan nasional Republik Indonesia tentang indek pembangunan literasi masyarakat (IPLM) di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023, Kabupaten Natuna mendapatkan predikat pertama dengan skor 82,45 (tinggi).

Pada kesempatan ini juga turut diberikan piagam penghargaan kepada Desa Air Lengit dan Desa Sepempang atas dedikasi, kerja keras dan prestasinya dalam pembangunan dan peningkatan literasi masyarakat serta menjalankan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS)

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Wagub Kepri Resmi Buka MTQ Tingkat Kabupaten Natuna Ke XI

(wartaKominfo) – Bertempat di halaman Masjid Agung Natuna sekaligus Islamic Center, Wakil ...