Home / Natuna News / Sekda Natuna Pimpin Rapat Pendampingan Pembentukan Personil TRCPB dalam Penangan Darurat

Sekda Natuna Pimpin Rapat Pendampingan Pembentukan Personil TRCPB dalam Penangan Darurat

(WartaKominfo) – Jum’at (22/12), Badan Penanggulangan Bencana Daerah menggelar forum pendampingan pembentukan personil TRCPB (Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) dalam penanganan darurat yang dipimpin oleh Sekda kabupaten Natuna, Boy Wijanarko, serta didampingi oleh kepala pelaksana BPBD Kabupaten Natuna, Raja Darmika.

Rapat dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat, seperti prokopimda TNI dan Polri, tokoh ulama dan pemuda, serta beberapa OPD.

Boy Wijanarko membuka forum dengan menyampaikan,

“Tujuan dari diadakannya forum ini yaitu untuk melakukan pelayanan agar kita lebih cepat dan tanggap dalam menanggulangi bencana, mengingat kita telah beberapa kali mengalami bencana yang cukup besar.”

Dijelaskan oleh Kasubdit Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang hadir, Dr. Gatot Satria Wijaya, bahwa dibentuknya TRCPB ini sangatlah penting bagi suatu daerah untung menanggapi bencana kecil ataupun besar.

“TRCPB ini harus dijalankan secara multisektor, semuanya terlibat agar menjadi satu suara dan tujuan pada saat terjadinya bencana” ujar Kasubdit BNPB

Sebelumnya, Raja Darmika menjelaskannya jika sebenarnya Natuna sebelumnya memiliki Sistim Komando Penanganan Bencana yang hanya digerakkan oleh BPBD.

TRCPB direncanakan ada disetiap daerah disekitar Kabupaten Natuna yang nantinya akan menjadi URC atau unit reaksi cepat dan melakukan perekrutan.

“Diharapkan dengan adanya forum pada hari ini akan menjadi evaluasi kita juga untuk lebih tanggap dan cepat dalam menghadapi bencana yang bisa kapan saja terjadi” ujar Sekda Kabupaten Natuna sebagai penutup forum.

Diskominfo/Ira

x

Check Also

Audiensi Bersama Universitas Pertamina, Bupati Natuna Monitoring 18 Penerima Beasiswa Dari Kabupaten Natuna

(WartaKominfo) – Kamis, 22 Februari 2024 Bupati Natuna melanjutkan Audiensi bersama Universitas ...