web site hit counter
Home / Natuna News / Hamid Rizal : Keberadaan SAR Memiliki Peran Penting Di Daerah Kepulauan

Hamid Rizal : Keberadaan SAR Memiliki Peran Penting Di Daerah Kepulauan

Tgl Rilis: Jumat, 30 Agustus 2019 | 02:50

Bupati Natuna Drs H.Abdul Hamid Rizal M.Si menghadiri Forum Koordinasi Potensi Pencarian, dan Pertolongan (FKP3) serta Pelatihan Pertolongan di permukaan air (Water Rescue) bagi potensi SAR (P3APS) Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna yang dipusatkan di Aula Natuna Hotel. Rabu, (28/08) pagi.

Dalam sambutannya, Hamid menyampaikan bahwa keberadaan BASARNAS diwilayah Kabupaten Natuna ini memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan pertolongan dan pencarian kemanusiaan, apalagi Natuna merupakan daerah kepulauan yang sebagian besar gugusan pulaunya dikelilingi lautan.

Mengingat peranan tersebut, Hamid memberikan apreasiasi kepada pihak SAR yang telah memprakarsai kegiatan Forum Koordinasi Potensi Pencarian, dan Pertolongan (FKP3) ini, sebagai upaya untuk melahirkan kader-kader potensi relawan daerah, karena dengan peranan dan bertambahnya jumlah relawan tersebut, yang akan memberikan jaminan rasa aman bagi masyarakat dalam menghadapi musibah dan bencana alam.

Karena pelatihan potensi SAR yang di motori oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Natuna ini menjadi ujung tombak terdepan di dalam pencarian dan pertolongan di tengah masyarakat Natuna, beberapa aksi pertolongan yang diberikan SAR Natuna pada beberapa insiden kecelakaan laut dikalangan nelayan tradisional tempatan saat melaut, telah menjadi bukti sumbangsih BASARNAS Natuna terhadap daerah.

Disamping itu, Hamid berharap kedepannya kegiatan serupa dapat berkelanjutan, begitu juga sinergitas dengan sejumlah stakeholder yang ada di Natuna dapat ditingkatkan untuk sebuah misi pertolongan dan kemanusiaan.

Forum Koordinasi Potensi Pencarian, dan Pertolongan (FKP3) Tingkat Daerah dan Pelatihan Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) Bagi Potensi SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna ini dibuka secara resmi oleh Direktur Bina Potensi Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Pusat Marsekal Pertama (TNI) F.Indra Jaya.

Dalam kesempatannya, F.Indra Jaya mengatakan, acara rapat forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) tingkat daerah dan Pelatihan pertolongan di permukaan air (Water Resque) bagi potensi SAR di Daerah Natuna dirasakan sangatlah penting dalam pencarian dan pertolongan.

Kegiatan ini disejalankan dengan HUT Basarnas Ke 57 tahun 2019 ini, dengan mengangkat Tema “Potensi SAR merupakan Pilar Utama didalam Pencarian dan Pertolongan”, sebab itu, dengan Senergitas dan Soliditas dalam menangani SAR di daerah dengan Stekholder di Natuna, perlu adanya Pelatihan dalam menangani SAR di daerah ini , sebagai upaya peningkatkan Kompetensi SAR pada Pertolongan dan Pencarian.

Selain Bupati Natuna, kegiatan ini juga dihadiri Direktur Bina Potensi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pusat Marsekal Pertama (TNI) F.Indra Jaya , FKPD Kepala Kantor Percarian dan Pertolongan Kabupaten Natuna Mexianus Bakabel ,S.Sos , Pokja Bina Potensi Triadi ,Para OPD dan para peserta pelatihan potensi SAR.

Rangkaian pelatihan ini berlangsung mulai (28 Agustus- 2 September) mendatang, dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang yang berasal dari berbagai kalangan seperti nelayan tradisional setempat, pelajar dari tingkat SMA , Praktisi Kelautan, Ormas ,LSM dan para Awak Media.

Narasumber pada acara ini adalah Pejabat Internal Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Tim Kelompok Kerja FKP3 tingkat pusat. (Hum_Pro/Sri & Diana/#pcs).

RILIS PERS, Nomor : 941 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Gejolak Dibalik Munculnya Nama Pantai Piwang

(WartaKominfo) – Munculnya sebuah nama baru “Pantai Piwang” yang mengantikan nama Pantai ...