web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Rakor Persiapan Penyambutan Kedatangan Vaksin Covid-19 di Natuna

Rakor Persiapan Penyambutan Kedatangan Vaksin Covid-19 di Natuna

Tgl Rilis: Tuesday, 26 January 2021 | 13:54

(wartaKominfo) – Diketahui bahwa besok, Rabu (27/01/21) vaksin covid-19 akan tiba di Natuna. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna mengadakan rapat koordinasi terkait persiapan penyambutan vaksin covid-19 tersebut pada Selasa, (26/01). Rapat tersebut dipimpin oleh Bupati Natuna, Hamid Rizal yang juga selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna.

Menurut Bupati Hamid, keamanan vaksin tersebut harus menjadi prioritas. Untuk itu ia mengimbau pihak keamanan untuk berupaya menjaga dan mengawal vaksinisasi mulai dari proses kedatangan vaksin tersebut.

Yang harus kita bahas adalah bagaimana pengamanan vaksin yang akan dikirim ke kita ini kalau tidak ada halangan insyaAllah besok hari rabu 27 Januari 2021 di distribusikan dari Provinsi ke sini” tutur Bupati Hamid.

Terkait vaksin ini bagaimana pengamannya dalam hal menerima vaksin itu, dibawa kemana disimpan dimana. Pihak TNI Polri mungkin akan berperan disini. Selanjutnya bagaimana cara pembagiannya untuk masing-masing kecamatan sehingga semuanya berjalan dengan baik dan lancar” kata Bupati Hamid.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Natuna, Ike Krisnadian mengatakan bahwa pihaknya dan satgas covid-19 Natuna akan melakukan pengawalan ketat mulai dari pengawalan datangnya vaksin tersebut, penjagaan 24 Jam di tempat penyimpanan dan pengawalan sampai selesai vaksinisasi.

Kami Gugus Tugas TNI POLRI akan melakukan upaya berupa pengawalan dan pengamanan 1.081 vaksin tersebut. Kami akan mengawal dari kedatangan di bandara, dan penjagaan 24 jam di Gudang penyimpanan yang berlokasi di Pering” ucap Kapolres

Selain itu kami juga akan kawal pendistribusian dari gudang penyimpanan hingga ke kecamatan dan desa dan juga mengawal pas dilakukan proses vaksinasi nanti” ujar nya.

Kapolres menegaskan bahwa akan dilakukan pengawalan ketat. Bahkan, Ia ingin memastikan nantinya bekas dari vaksin tersebut harus dikumpulkan dan dimusnahkan agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Selain itu, pihak Satgas juga meminta dilakukan pendokumentasian yang jelas saat vaksinisasi 10 orang pertama di Kabupaten, untuk itu diminta peran Diskominfo Natuna memviralkan dan mendokumentasikan dengan baik.

Selanjutnya, Plt Kadiskes Hikmat Aliansyah yang juga sebagai Jubir Covid-19 menerangkan bahwa besok vaksin akan diterbangkan ke Natuna menggunakan wings air dan akan di angkut menggunakan mobil box milik instalasi farmasi yang merupakan tempat penyimpanan .

Dijelaskan juga oleh Hikmat bahwa Natuna pelaksanaan vaksinisasi pertama akan dilakukan pada 28 Januari 2021.

Namun Ia juga menyampaikan beberapa kendala diantaranya yaitu logistik pendukung vaksinisasi sampai saat ini belum tiba di Natuna.

“Selain vaksin, ada logistik vaksin lainnya yang udah dikirim dari tanggal 20 Januari tapi sampai sekarang belum tiba di Natuna. Kendala kedua sinyal dibeberapa puskesmas karena akan menggunakan aplikasi untuk dientri secara online” jelas Hikmat.

Tempat pelaksanaan vaksinisasi untuk 10 orang pertama di Kabupaten Natuna rencananya akan dilaksanakan di RSUD Natuna. Pihak RSUD pun menyatakan telah mempersiapkan mulai dari 4 meja proses vaksinisasi sampai tenaga petugas vaksinator.

(Diskominfo/Fera)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0812 7013 6792
x

Check Also

Peringati Hari Anak, Bupati Natuna Gelar Dialog Bersama Forum Anak Se-Kabupaten Natuna.

(wartaKominfo) – Pandemik COVID-19 telah berdampak besar pada kehidupan anak-anak di Indonesia. ...