Home / Natuna News / Jadikan UN Sebagai Peningkat Sumber Daya Manusia Natuna

Jadikan UN Sebagai Peningkat Sumber Daya Manusia Natuna

Untuk melaksanakan pembangunan daerah selain memberdayakan segala potensi yang ada, pembangunan menuju sumberdaya manusia yang berkualitas juga merupakan suatu hal yang hendaknya suatu hal yang harus diutamakan. Karena jika sumberdaya manusia belum memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitas, jalannya pembangunan akan terkesan lamban dan tidak efisien/efektif. Untuk itu, investasi dibidang pendidikan dalam rangka menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas harus menjadi salah satu prioritas utama. Walaupun investasi ini tidak dapat dirasa secara instant, namun diyakini hasilnya akan terasa dalam 5 atau 10 tahun kedepan.

Rapat Persiapan UNHal ini disampaikan oleh Plt. Bupati Natuna, Drs. H. Raja Amirullah.Apt pada acara Rapat Koordinasi Tentang Persiapan Ujian Nasional (UN) Tahun 2010, Sabtu ( 6/02) Pagi diruang rapat Kantor Bupati Natuna. Beliau menambahkan substansi yang diharapakan dalam pelaksanaan UN berawal dari proses yang baik sehingga diharapkan mencapai hasil yang baik juga tanpa harus melakukan hal – hal diluar aturan yang berlaku dalam pelaksaan UN, apalagi dengan ditunjang 20 % anggaran untuk pendidikan yang dialokasi dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Natuna sehingga diharapkan mampu menghasilkan suatu program yang dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dimasa hadapan.

Rapat Persiapan UNDiharapkan kepada Kepala Dinas pendidkan untuk dimasa hadapan untuk dapat melaksanakan kegiatan evaluasi secara rutin terhadap kinerja elemen yang terkait sehingga dapat mencari solusi dan penanganan dini terhadap permasalahan yang ada pada tiap sekolah diwilayah kerja Kabupaten Natuna. Namun hal ini tidak mudah untuk dicapai tanpa kerjasama dan konsistensi dari semua pihak (Unit Pelaksana Teknis Daerah, sekolah dan dewan komite). Untuk meningkatkan hasil ujian nasional, dibutuhkan peran orang tua dalam mengawasi dan memberikan motivasi serta memberikan pemahaman bagi para siswa akan pentingnya pendidikan dalam menjawab tantangan masa depan.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, H. Umar.S.Ag mengatakan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk mendengarkan kesiapan masing – masing sekolah dalam pelaksaan UN serta mengharap support secara social dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Natuna mengingat beratnya pelaksaan UN ditambah lagi dengan waktu pelaksaan yang dipercepat.

Berbagai persiapan telah direncanakan dalam rangka pelaksaan UN diantaranya, pemantapan guru bidang studi dengan menghadirkan narasumber dari Pusat Pelayanan Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional, Mengirim guru bidang studi ke Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka pembahasan dan perumusan soal-soal tryout, menghimbau sekolah untuk menyesuaikan jadwal UN dengan melakukan trobosan dan pemadatan jadwal pelajaran yang di Ujiankan.

Untuk Tahun ini Pelaksaan Ujian Nasional dilaksanakan tiga tahap dimana untuk Tingkat SMU ujian utama dilaksanakan pada tanggal 22 – 26 Maret 2010, ujian susulan dilaksakan pada tanggal 29 Maret – 5 April 2010 dan ujian ulangan dilaksanakan pada tanggal 10-14 Mei 2010. Sedangkan untuk tingkat SLTP ujian utama dilakssanakan pada tanggal 29 – 1 April, Ujian susulan tanggal 5 – 8 April 2010 dan ujian ulangan dilaksaakan pada tanggal 17 -20 Mei 2010.

Jumlah peserta Ujian Nasional Tahun ini se- Kabupaten Natuna 3.381 orang dengan rincian 1.311 peserta SD, 877 peserta SLTP, 230 peserta MTs, 733 peserta SMU, 111 peserta MA, 119 peserta SMK.

Target yang hendak dicapai dalam pelaksaan Ujian Nasional Tahun ini secara kualitatif adalah 90 %,, secara kualitatif adalah masuknya sebagai 10 besar untuk tingkat Provinsi Kepulauan Riau. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (06/02/2010)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan ...