Home / Natuna News / Kementerian Kominfo RI akan re-design Program KPU-USO

Kementerian Kominfo RI akan re-design Program KPU-USO

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program KPU-USO
Atas usulan serta masukan dari Provinsi dan Kabupaten / Kota, terkait dengan hasil implementasi dari Program KPU-USO Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Pada hari Kamis, tanggal 18 September 2014, bertempat di Hotel Novotel Batam – Prov. Kepri. Dirjend. Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemen. Kominfo RI – melalui Direktorat Telekomunikasi Khusus, Penyiaran Publik dan Kewajiban Universal (Telsus PPKU), menyelenggarakan Rapat Koordinasi sekaligus Sosialisasi, dengan mengundang Dinas Kominfo (Dishub Kominfo) Provinsi untuk wilayah Sumatera (Aceh, Sumut, Sumsel, Sumbar, Jambi, Bengkulu, Lampung, Riau, Kepri, Bangka Belitung dan Malang), serta masing-masing Kab/Kota.
Rapat digelar dengan tujuan mendengar dan membahas, serta merencanakan lanjutan atas Program KPU-USO Kemen. Kominfo RI, yang telah dilaksanakan sejak Tahun 2007 sampai dengan 2014. Adapun program-program tersebut, antara lain :
1. Desa Dering
2. Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK)
3. Mobile PLIK (MPLIK)
4. Bandwitdh Internet (Upstream)
5. SIMM-LIK
6. Nusantara Internet Exchange (NIX)
7. SIMM-NIK
8. International Internet Exchange (IIX)
9. Upgrade Desa Pinter
10.Telinfo Tuntas
11.Wifi Kabupaten
12.PLIK Sentra Produktif

Dengan target akhir pada Tahun 2017 mendatang, untuk penyempurnaan Undang-Undang RI No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi. Kemen Kominfo akan melakukan grand design Program KPU-USO di Tahun 2014 – 2017, dengan melakukan perubahan pada sistem penyampaian program ke daerah-daerah, dari sisi “fundamental aturan, kelembagaan dan keuangan”. Melalui konsep : BOTTOM-UP (program disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan masyarakat), KOMPREHENSIF (program tidak hanya berupa infrastruktur, namun juga mencakup ekosistem ; pemberdayaan masyarakat, konten, aplikasi, dll, guna meningkatkan utilitas infrastruktur), PILOTING (program bersifat cluster / tidak nasional, sesuai dengan kondisi dan kesiapan daerah untuk mempermudah control), dan SINERGIS (program melibatkan stake-holder; dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, untuk memastikan sinergisitas program dengan pihak lain).

Rapat dipandu oleh Moderator dari Kepala Bidang Postel – Diskominfo Prov. Kepri Nelsen Bur, SH, dengan narasumber Marvels Situmorang (Kasubdit KPU, Direktorat Telsus PPKU Kemen Kominfo RI). Disampaikan kepada peserta rapat, dari semua Dinas / Instansi (Provinsi, dan Kab/Kota) yang menangani Bidang Kominfo untuk melengkapi Questionare Program KPU-USO yang secara tertulis juga telah disampaikan ke semua Gubernur pada 34 Provinsi se-Indonesia, guna mendapatkan gambaran atau informasi tentang kebutuhan, kesiapan dan partisipasi masing-masing daerah atas Program KPU-USO ini. Kemudian disusul dengan pengajuan proposal program-program dalam hal penyediaan dan pengembangan sarana TIK (Telekomunikasi, Informasi dan Komunikasi) pada masing-masing daerah, khususnya untuk wilayah yang sangat membutuhkan.

Respon dan tanggapan yang positif datang dari peserta rapat, saat dilakukan sesi diskusi. Sebagaimana yang disampaikan oleh Nuraini, SH. MM. (Kabid. Sistem Informasi – Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Riau), bahwasannya masyarakat Prov. Riau sangat berterima kasih atas adanya Program KPU-USO Kemen. Kominfo RI. Karena dari bantuan-bantuan yang mereka terima sekarang ini, perlahan mulai membuka wawasan dan informasi, serta terpenuhi kebutuhan atas sarana komunikasi. Terutama masyarakat-masyarakat yang ada di pulau-pulau terpencil. Namun, guna menunjang kontrol dan pengawasan atas bantuan yang diberikan, Diskominfo Provinsi Riau sendiri berharap ada juga bantuan yang mereka terima, bukan hanya untuk masyarakat.

(Ditulis oleh : Muhammad Nawari, Staf Dishub Kominfo)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...