Home / Natuna News / Rapat Koordinasi Penguatan Sinyal Telekomunikasi

Rapat Koordinasi Penguatan Sinyal Telekomunikasi

(Wartakominfo) – Dua orang pejabat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia datang ke Natuna. Kedatangan dua orang tersebut diketahui tiba sejak Senin (4/6) ini, untuk menindaklanjuti penguatan sinyal telekomunikasi di Natuna.

“Iya, ada dua pejabat kemenkopolhukam datang ke Natuna Senin kemarin. Kedatangan mereka untuk menindaklanjuti surat Bupati Natuna terkait sinyal di daerah pertahanan dan beberapa wilayah natuna masih kurang memuaskan ,” ujar Raja Darmika, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, Selasa (5/6/2017).

Raja menjelaskan, Pemerintah Daerah sebelumnya melayangkan surat kepada Panglima TNI ‎terkait kondisi sinyal telekomunikasi terkait Pulau Laut yang terletak di Laut Natuna Utara yang masih sulit mengirimkan data, terlebih lagi pulau laut memiliki 3 pulau terluar dan dijaga oleh satgas perbatasan. Surat yang dilayangkan sekitar bulan Mei itu meminta agar Pemerintah Pusat dapat memaksa operator untuk meningkatkan sinyal di pulau laut dan tidak melihat sisi bisnis, tapi sisi pertahanan negara.

“Sebelumnya, Bupati Natuna pernah mengirimkan surat ‎yang ditujukan ke Panglima TNI dengan tembusan ke Menko Pulhukam, Kementerian Kominfo, Gubernur Kepri serta Operator.  Kalau tidak salah saya, sekitar bulan Mei kemaren. Alhamdulilah ditindaklanjuti oleh Pihak Kemenkopulhukam”.

‎Kedatangan dua orang pejabat Kemenkopolhukam atas nama Marsma TNI Dr. Sigit Priyono, GSC., S.IP., M. SC Asisten Deputi koordinasi telekomunikasi dan informatika serta Kolonel  Ferdinand Mahulette, SE Kepala Bidang Informatika ke Anambas, dipertegas dengan adanya surat yang ditujukan ke Gubernur Kepri nomor B 478/ KI.00.01/5/2018  tanggal 21 Mei 2018 perihal kedatangan mereka terhitung tanggal 4 sd 7 Juni 2018 guna memperoleh data, informasi dan saran masukan serta kondisi lapangan terkait rendahnya kualitas sinyal di Kabupaten Natuna serta dampaknya bagi aktifitas pemerintah daerah dan masyarakat.

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal di aula ruang rapat. Dalam arahannya, Hamid mengatakan bahwa telekomunikasi di Natuna harus diperhatikan secara serius karena Natuna adalah beranda terdepan. “Iya masa sinyalnya hilang timbul, dirumah saya, malah E padahal di Ranai, Ibukota Natuna, apalagi pulau laut”, kata hamid kecewa. Hamid mengharapkan harus ada solusi agar sinyal di Natuna menjadi baik dan lancar.

Selanjutnya Sigit menambahkan bahwa Kemenkopulhukam bertugas mengkoordinasikan kementerian terkait masalah telekomunikasi perbatasan ini agar permasalahan terselesaikan dengan baik.

“Jadi kita minta Telkom dan Telkomsel untuk memberikan penyelesaian secara tuntas, jangan melihat sisi bisnisnya saja, karna Natuna adalah daerah pertahanan dan keamanan, maka infrastruktur telekomunikasi  harus bisa sejalan dan mendukung”, ujar Sigit tegas.

Selain itu dalam rapat ini juga Pemerintah Kebupaten Natuna mengundang pihak Dinas Kominfo Provinsi, Para Pimpinan PT Telkom, PT Telkomsel, Balai Monitor, Danlanud, Danlanal, Dandim, Polres Natuna untuk turut memberikan solusi dalam mengatasi persoalan sinyal di Pulau Laut dan beberapa wilayah Kabupaten Natuna.

Dalam rapat tersebut dihasilkan beberapa rekomendasi yang merupakan tindak lajut rapat sebagai berikut :

  1. Meminta pihak Kemenkopolhukam mengkoordinasikan ke Kementerian Kominfo RI agar mempercepat penggunaan FO Palapa Ring Barat oleh PT. Telkom dan PT. Telkomsel
  2. Meminta kepada PT.Telkomsel untuk menambah layanan data 3G di berapa site dalam Kota Ranai sebagai Pusat Kegiatan Stategis Nasional (PKSN)
  3. Meminta pihak PT. Telkom dan PT. Telkomsel segera mengatasi masalah kapasitas voice dan data untuk Pulau Laut, Pulau Subi, Pulau Serasan dan Pulau Midai

Diakhir acara Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti yang menggantikan pimpinan rapat sebelumnya, menyampaikan harapan, agar di tahun 2018 ini masalah telekomunikasi di Natuna dapat terselesaikan dengan beroperasinya Palapa Ring Barat ini.

(Diskominfo/raja)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemkab Natuna dan KKKS Migas Gelar Buka Bersama

Bulan Ramadhan merupakan momentum ujian bagi umat muslim untuk meningkatkan taraf ketakwaan, ...