Home / Natuna News / Pendidikan dan Pelatihan Budi Daya Rumput Laut

Pendidikan dan Pelatihan Budi Daya Rumput Laut

Pendidikan dan Pelatihan (diklat) yang selalu dilaksanakan berdasarkan program kerja yang ada dengan tujuan pengembangan wawasan, pengetahuan dan keterampilan hendaknya tidak hanya bersifat serimonial, akan tetapi secara objektif dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan berbagai usaha sesuai tujuan diklat tersebut. Dengan kata lain, melalui diklat yang dilaksanakan mampu memberikan manfaat terhadap peningkatan perekonomian masyarakat secara permanent dan berkelanjutan.

Sambutan Wakil Bupati NatunaHal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna, Raja Amirullah saat memberikan sambutan sekaligus menutup secara resmi Pelatihan Budi Daya Rumput Laut, Rabu (28/10) di aula pabrik kelapa Perusahaan Daera (Perusda) Desa Kelarik Kecamatan Bunguran Utara. Menurutnya, untuk mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat, tidak hanya dibutuhkan keterampilan yang matang akan tetapi harus diiringi dengan semangat yang tinggi dalam manjalankan segala usaha. Ketekunan dan kesabaran juga tidak kalah pentingnya diterapkan dalam setiap individu demi mencapai peningkatan kesejahteraan keluarga, masyarakat dan daerah.

Undangan dan Peserta DiklatLebih lanjut dikatakan bahwa tahun lalu Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui Dinas koperasi dan UKM telah menyalurkan dana sebesar 47 M sebagai upaya peningkatan permodalan usaha masyarakat, akan tetapi hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ini disebabkan karena sebagian besar dana tersebut dimanfaatkan untuk keperluan yang bersifat konsumtif sehingga modal tersebut tidak mencukupi untuk mengembangkan usaha. Untuk kedepan, diharapkan kepada Dinas Koprasi dan UKM agar lebih selektif dalam memberikan bantuan modal usaha kepada masyarakat dengan memprioritaskan kepada badan usaha yang sudah berjalan dan dapat dikategorikan cukup berhasil.

Penyerahan Cindera Mata oleh Wakil Bupati NatunaPenyerahan Cindera Mata oleh Wakil Bupati NatunaDisadari bahwa saat ini permasalahan yang dihadapi oleh para petani rumput laut adalah pemasaran hasil pertaniannya, untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan bekerjasama dengan Perusda dan Bank Riau akan berupaya mencarikan solusi dalam menangani permasalahan ini.

Pemberian Penghargaan kepada PesertaDalam kesempatan yang sama, Camat Bunguran Utara, Sabki, SH mengatakan bahwa dalam pembangunan selama 8 tahun ini, Kecamatan Bunguran Utara telah mengalami pemekaran dari 3 desa menjadi 8 desa. Dengan tujuan untuk memperpendek rentang kendali dan percepatan pembangunan. Saat ini Kecamatan Bunguran Utara sedang melaksanakan pembangunan Infrastruktur jalan tembus Kelarik – Batubi yang sampai saat ini masih belum rampung (sekitar 5 Km). dengan pembangunan jalan tembus ini diharapkan dapat memberikan kemudahan mobilitas masyarakat dan barang hasil produksi sehingga dapat mendukung percepatan peningkatan ekonomi masyarakat.

Hasil Budi Daya Rumput LautDalam kegiatan tersebut, Ketua Pelaksana, Setia Darma melaporkan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan SDM KP Departemen Kelautan dan Perikanan dilaksanakan sejak tanggal 23 s.d 28 Oktober dengan peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari Desa kelarik dan Air Mali Kecamatan Bunguran Utara. Dalam pelatihan tesebut, peserta diberikan berbagai pengetahuan yang akan mendukung pengembangan usaha budidaya rumput laut, diantaranya cara pembuatan kontruksi untuk pengembangan rumput laut baik dipermukaan maupun didasar laut, system panen dan pengeringan serta pengolahan rumput laut menjadi aneka makanan dan minuman. (sirup, dodol, manisan, dll). (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (29/10/2009)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...