Home / Natuna News / SOSIALISASI KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) KABUPATEN NATUNA 2017
SOSIALISASI KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) KABUPATEN NATUNA 2017

SOSIALISASI KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) KABUPATEN NATUNA 2017

Natuna, Nupati Batuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. H. Abdullah, M.Si membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) Kabupaten Natuna Tahun 2017 di Hotel Natuna, Darat Ranai, Rabu (15/11/2017).
Asisten I Bidang Pemerintahan dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan memiliki Kartu Identitas Anak diharapkan anak mendapat akses layanan publik yang lebih mudah seperti membuka rekening bank, berobat ke puskesmas atau rumah sakit serta mendapatkan layanan publik lainnya.
Program penerbitan Kartu Identitas Anak harus segera dilaksanakan karena pada tahun 2017 ini Kabupaten Natuna telah ditetapkan menjadi salah satu dari 50 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih untuk menyelenggarakan program Kartu Identitas Anak.
Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna Ilham Kauli, S.Sos, M.Si dalam laporannya mengatakan program penerbitan Kartu Identitas Anak yang merupakan program strategis Nasional di Bidang Kependudukan Dan Pencatatan Sipil yang harus dilaksanakan oleh seluruh kabupaten/kota di Indonesia sesuai amanat Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Pada tahun 2017 ini penerapan Kartu Identitas Anak dilaksanakan di 50 Kabupaten/Kota se Indonesia yang diawali pada tahun 2016, untuk Provinsi Kepulauan Riau ditetapkan di kota Tanjung Pinang.
Untuk tahap kedua, 50 kabupaten/kota se Indonesia untuk Provinsi Kepulauan Riau adalah Kabupaten Natuna dengan pertimbangan bahwa kepemilikan cukupan akta kelahiran 0 sampai 18 tahun sudah mencapai 87 % di bulan Nopember ini. Sementara target nasional cukupan kepemilikan akta kelahiran pada tahun 2017 per Desember yaitu 85 %.
Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan pada prinsipnya diharapkan untuk memenuhi hak-hak setiap orang di bidang administrasi kependudukan tanpa diskriminasi, meningkatkan kesadaran penduduk untuk berperan serta dalam melaksanakan administrasi kependudukan, menyediakan database kependudukan yang lengkap dan akurat serta mendukung perumusan kebijakan dan penunjang pembangunan secara nasional, regional dan lokal.
Sosialisasi Kartu Identitas Anak dilaksanakan untuk memberikan pemahamam yang baik pada seluruh komponen yang terlibat dalam membantu pemerintah dalam pelayanan administrasi kependudukan, adapun tujuan dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Kartu Identitas Anak ini adalah guna memberikan peningkatan kualitas aparatur dalam proses penerbitan Kartu Identitas Anak di Kabupaten Natuna.
Dalam kegiatan ini jumlah undangan dan peserta yang hadir sekitar 200 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Camat, Kepala Desa, Lurah, Puskesmas, Perwakilan Setiap OPD serta Tokoh Masyarakat. Kegiatan Sosialisai Kartu Identitas Anak ini berlangsung selama 1 hari. (Wan.Irfan/Sumardi-Diskominfo)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...