Home / Natuna News / Data Statistik Tahun 2011 sudah tersedia di menu unduh Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Keuangan Desa

Data Statistik Tahun 2011 sudah tersedia di menu unduh Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Keuangan Desa

Saat ini Kabupaten Natuna dalam pelaksanaan pembangunan selalu menitik beratkan kepada pelayanan prima kepada masyarakat. Hal ini menjadi satu prioritas untuk mendukung keberhasilan seluruh program pembangunan yang sedang dijalankan terutama pembangunan di pedesaan. Oleh karena itu, memperkuat pembangunan di pedesaan merupakan suatu keharusan yang tidak dapat ditunda, karena lonsep pembangunan yang tepat demi mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan otonomi daerah hendaknya dilaksanakan dari sektor pemerintahan yang paling bawah atau pemerintahan desa.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli, M.Si pada acara Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Keuangan Desa se-Kabupaten Natuna, Selasa pagi (28/07) di aula Hotel Natuna. Lebih lanjut diharapkan melalui kegiatan ini, para aparatur pemerintahan desa (Sekdes dan Kaur) dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam pengelolaan keuangan desa secara lebih transparan, akuntabel sehingga pengelolaan keuangan tersebut dapat dialokasikan kepada skala prioritas pembangunan di desa.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tujuan lain yang diharapkan dapat terwujud adalah peningkatan peran serta tujuan pelaksanaan tugas Kepala Seksi Pembangunan Masyarakat Desa (Kasi PMD) kecamatan. Untuk itu diharapkan baik aparatur pemerintahan desa dan kecamatan dapat saling berkoordinasi dalam hal pengelolaan keuangan tersebut sehingga dana yang telah dialokasikan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan mekanisme administrasi yang berlaku secara professional, transparan dan akuntabel.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Asmiyadi, ST.M.Si dalam sambutannya sebagai Ketua pelaksana menjelaskan bahwa UU 23 Tahun 2009 mengakui adanya otonomi yang dimiliki oleh desa dan Peraturan Bupati Natuna Nomor 12 Tahun 2009 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa bertujuan untuk meningkatkan SDM penyelenggaraan pemerintah desa agar lebih mampu menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 28 s/d 30 Juli 2009. Peserta yang diikutsertakan dalam bimtek kali ini berasal dari aparatur pemerintah desa dari Kecamatan Serasan, Serasan Timur, Subi, Midai, Pulau Tiga dan Pulau Laut. Sedangkan untuk tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 5 Agustus 2009 dengan peserta yang berasal dari aparatur pemerintahan desa di Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Selatan, Bunguran Tengah, Bunguran Timur Laut, Bunguran Utara dan Bunguran Barat. (Harsono / Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (28/07/2009)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...