Home / Natuna News / Pelepasan Purnakaryawan Pendidikan Wilayah UPT Disdikpora Kecamatan Bunguran Barat

Pelepasan Purnakaryawan Pendidikan Wilayah UPT Disdikpora Kecamatan Bunguran Barat

Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti,MA menghadiri acara Pelepasan Purnakaryawan Pendidikan diwilayah Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kecamatan Bunguran Barat, di Lapangan Astaka LPTQ Bunguran Barat, sabtu (25/11) malam sebagai malam resepsi Puncak Peringatan HUT PGRI tahun 2017, dihadiri anggota DPRD Kabupaten Natuna (Marzuki), Ketua TP.PKK Kabupaten Natuna, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan Unsur Pimpinan Kecamatan Bunguran Barat, segenap tenaga pengajar dan aparatur pemerintahan dilingkungan Kecamatan Bunguran Barat.

Kegiatan tersebut tampak semarak dengan berbagai hiburan penampilan dari para juara lomba seni tari, puisi dan lagu /nyanyian solo yang diselenggarakan sebelumnya sebagai rangkaian acara peringatan HUT PGRI tahun ini di Kecamatan Bunguran Barat.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Natuna menyampaikan apresiasi kepada UPT Disdikpora yang secara konsisten menyelenggarakan pelepasan Purnakaryawan pendidikan. Hal ini belum terjadi di seluruh kecamatan lain serta dirasa memiliki makna penting bagi memberikan penghargaan terhadap para pensiunan tenaga pengajar sekaligus jalinan silaturrahmi yang akan terus dijalin.

Beliau mengakui bahwa tuntutan tenaga pengajar semakin berat, namun beliau berharap keikhlasan dalam melaksanakan tugas. Karena hanya dengan keikhlasan maka balasan keberkahan terhadap amanat yang dijalankan dapat diraih.

Terlebih lagi dewasa ini tenaga guru dihadapkan pada tuntutan menjamin hak asasi manusia dimana tenaga pengajar merasa cukup sulit untuk melakukan penegasan dalam tujuan pembinaan. Oleh karenanya segala regulasi harus disikapi secara bijak, namun dibutuhkan pemahaman secara menyeluruh baik bagi tenaga pengajar, orang tua dan lingkungan bagi mewujudkan generasi yang handal serta menghindari berbagai pelanggaran hukum.

Setiap tahun pemerintah daerah selalu memprioritaskan penyelenggaraan peningkatan mutu pendidikan, terutama pembenahan infrastruktur (pembangunan sarana sekolah). Sampai saat ini hampir 90% sudah bangunan beton. Kedepan akan terus diperbaiki.

Selanjutnya bagi peningkatan mutu guru, akan selalu diselenggarakan pembinaan bagi tenaga pengajar melalui berbagai pelatihan yang dirasa akan mempengaruhi kemampuan guru. Namun yang terpenting adalah masalah peningkatan kesejahteraan dimana Pemerintah Daerah sedang berupaya keras untuk mewujudkan hal diatas.

Beliau menyadari bahwa APBD yang semakin berkurang menyebabkan pemerintah daerah harus berusaha lebih keras melalui pemberdayaan potensi unggulan yang ada. Diantaranya sektor perikanan dan pariwisata. Oleh karenanya beliau mengharapkan adanya dukungan dari semua pihak terutama kerjasama dari lembaga legislatif untuk menyepakati berbagai kebijakan kedepan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Pada kesempatan yang sama Camat Bunguran Barat, Ferizaldi,SH. Menyampaikan bahwa berakhirnya masa tugas tidak berarti menutup peluang bagi segenap purnabakti tenaga pendidikan tetap masih diharapkan bagi penyelenggaraan pendidikan di Kecamatan Bunguran Barat yang lebih baik dimasa hadapan.

Kepala UPT Disdikpora Kecamatan Bunguran Barat, Bakhtiar,S.Pd.SD dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin dari UPT yang terus dipertahankan sebagai bentuk apresiasi atas segala jasa yang telah dicurahkan selama pengabdian menjadi tenaga pengajar, memberikan bekal pengetahuan dan mencerdaskan generasi penerus. Sedangkan jumlah terbanyak pensiunan adalah pada tahun 2017 (9 orang).
Sebagai seorang pendidik, walaupun telah masuk pada masa purnabhakti, sumbang saran bagi perbaikan mutu pendidikan kedepan masih sangat dibutuhkan.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan aspirasi dari segenap tenaga pendidikan di Kecamatan Bunguran Barat khususnya dan seluruh wilayah di Kabupaten Natuna pada umumnya, mengingat tuntutan profesionalisme yang semakin berat, beliau mengharapkan perhatian dari Pemerintah Daerah untuk mempertimbangkan kenaikan Tunjangan Kesejahteraan profesi.

(Humas_P/Endang, Dilla)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Himbau Umat Muslim Tingkatkan Peran dalam Pembangunan

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menghadiri Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW ...