Home / Natuna News / Siswa dan Siswi di Ranai mulai masuk Sekolah

Siswa dan Siswi di Ranai mulai masuk Sekolah

Masa Orentasi Siswa (MOS) bagi setiap Sekolah Tingkat SMP dan SMA
Liburan panjang anak-anak sekolah sudah berakhir, sa’atnya untuk kembali ke sekolah, tentunya dengan suasana yang baru. Untuk wilayah Kabupaten Natuna, para pelajar umumnya mulai masuk sekolah pada tanggal 04 Agustus 2014 yang lalu. Wajah-wajah ceria anak-anak tampak di sepanjang jalan dan sekolah-sekolah, dari pelajar tingkat PAUD, TK, SD, SMP, sampai ke tingkat SMA.
Bagi siswa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tampak nuansa sedikit berbeda, seperti mereka-mereka yang baru masuk ke SMP maupun masuk ke SMA. Karena mengiringi masuk tahun ajaran baru ini, siswa-siswa yang baru masuk SMP dan SMA tersebut diharuskan mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang diadakan oleh kakak-kakak kelas mereka yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Kegiatan MOS ini merupakan sebuah kegiatan pengenalan lingkungan di sekolah, ternyata masih menjadi agenda yang mesti diikuti para siswa-siswi yang baru. Sebagaimana halnya para mahasiswa, para pelajar ini kadang juga diminta untuk melengkapi diri dengan berbagai macam atribut, seperti mengikat rambut, memakai papan nama dan topi dari kertas, dan lain sebagainya.

Dari pantauan redaksi, umumnya MOS diadakan selama tiga hari pada tiap-tiap Sekolah. Selain menggelar kegiatan ini dilapangan, dengan berbagai macam bentuk permainan, serta kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kedisiplinan, kesopanan, para pelajar, juga diberikan berbagai macam pembekalan baik dari pihak guru maupun nara sumber-nara sumber yang didatangkan dari luar Sekolah. Kegiatan MOS ini sendiri diharapkan, agar para siswa-siswi baru lebih cepat berinteraksi, baik dengan guru-guru maupun dengan sesama pelajar dan juga mengajarkan sikap bertanggung jawab satu sama lain.

Para siswa-siswi baru itu sendiri tampak sangat menikmati pekan MOS yang dilaksanakan di sekolah mereka masing-masing.

(Ditulis oleh : Sumardi – Staf Bid. Kominfo, Dishub Kominfo Kab. Natuna)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...