Home / Natuna News / Tingkatkan Perekonomian Melalui Musrenbang

Tingkatkan Perekonomian Melalui Musrenbang

(wartaKOMINFO) – Natuna, bertempat di Aula Kantor Camat Bunguran Selatan, kegiatan Musayawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan wilayah I secara resmi di buka oleh sekda Natuna Wan Siswandi pada Senin (29/01) pagi.

Kegiatan Musrenbang kali ini diikuti oleh 4 kecamatan yang ada di wilayah I yaitu Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Bunguran Tengah dan Kecamatan Bunguran Selatan.

Kepala BP3D, Moestofa dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Musrenbang ini wajib dilaksanakan setiap tahunnya karena sudah tertuang dalam Undang-Undang No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan keuangan nasional.

“Kegiatan Musrenbang ini kita adakan setiap tahun karena merupakan kewajiban dan amanat Undang-Undang No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan keuangan nasional”, ungkapnya.

Kemudian diterangkannya pula bahwa fokus pembangunan di tahun 2019 adalah pengembangan industri untuk menjadikan pertumbuhan ekonomi semakin berkualitas, dimana pengembangan industri ini akan di fokuskan pada sektor unggulan daerah seperti pengembangan industri perikanan, industri pariwisata dan industri pertanian.

“Fokus tema pembangunan di tahun 2019 adalah pemantapan industri agar menjadi sebuah pertumbuhan ekonomi yang semakin berkualitas, di mana pembangunannya lebih di fokuskan kepada pengembangan industri perikanan, industri pariwisata dan sektor pertanian yang mana ini menjadi sektor unggulan daerah”, terang Moestofa.

Selain akan fokus pada pengembangan tiga industri tersebut, di tambahkan pula oleh Sekda Natuna Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan tentang konsep pembangunan yang akan dijalankan.

“Konsep pembangunan kita ini juga akan mengarah kepada pembangunan infrastruktur. Hal ini karena kita berpikir bahwa dengan membenahi infrastruktur maka pembangunan kita akan lancar dan akan berdampak baik pula di sisi perekonomian, misalnya dengan adanya jalan yang baik dan pelabuhan yang memadai tentunya akan berdampak baik bagi perekonomian kita”, tambah Wan Siswandi.

Selain membuka kegiatan Musrenbang tersebut secara resmi, pada kesempatan yang sama pula Sekda Natuna Wan Siswandi, juga menyerahkan kartu asuransi khusus nelayan secara simbolis atas kerja sama Kementrian Kelautan dan Perikanan bersama perusahaan asuransi kepada perwakilan nelayan di Kecamatan Bunguran Selatan. Untuk tahun 2018 ini jumlah nelayan yang akan mendapatkan asuransi tersebut di Kecamatan Bunguran Selatan sebanyak 105 orang, Bunguran Tengah 4 orang, Bunguran Timur 224 orang, dan Bunguran Timur Laut sebanyak 109 orang.

(Diskominfo/jurnalistik/Dan)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

AJO – Indonesia Cabang Natuna dibentuk, Sekda Natuna Himbau Jurnalis Tingkatkan Profesionalisme

Asosiasi Jurnalis Online (AJO) Indonesia Cabang Kabupaten Natuna yang diketuai Roy Sianipar ...